AdsenseCamp

Juara Baru MotoGP



OLAHRAGA - MOTO GP
Rabu, 30 Juni 2010 , 05:42:00
Perseteruan Dua Jagoan Spanyol

CATALUNYA - Dua pembalap Spanyol berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2010. Pembalap Fiat Yamaha Jorge Lorenzo memimpin perolehan poin diikuti rivalnya dari Repsol Honda Dani Pedrosa. Persaingan makin sengit karena balapan selanjutnya akan berlangsung di Spanyol, yaitu MotoGP Catalunya, akhir pekan ini.

MotoGP Catalunya merupakan GP kedua yang berlangsung di tanah Spanyol. Sebelumnya, MotoGP Spanyol berlangsung di Sirkuit Jerez, Mei lalu. Masih ada dua GP lagi, yaitu di Aragon (19 September) dan GP penutup musim di Valencia (7 November).

Bagi Pedrosa, balapan di Catalunya akhir pekan ini akan berarti sebuah ajang balas dendam terhadap Lorenzo. Di Jerez lalu, Pedrosa dipecundangi Lorenzo. Saat itu, Lorenzo mendapatkan kemenangan pertamanya musim ini setelah menyalip Pedrosa di lap terakhir.

Kemenangan tersebut menjadi awal bagi makin kuatnya posisi Lorenzo di daftar kandidat juara musim ini. Selain faktor absennya Rossi akibat cedera kaki, penampilan Lorenzo juga makin meyakinkan. Dia sudah menang empat kali dari enam balapan yang sudah berlangsung.

Lorenzo pun unggul 47 poin dari Pedrosa (140-93). Balapan terakhir di Assen (Belanda) membuat Lorenzo memperkukuh posisinya. Meski demikian, Pedrosa belum patah arang. Posisi kedua di Assen dianggapnya sebagai modal besar menuju Catalunya.

"Saya datang ke GP Catalunya dengan mood yang sangat baik. Balapan di Assen menjadi contoh, betapa kami tak mudah menyerah. Setelah latihan dan kualifikasi yang buruk, saya mendapatkan peningkatan besar sejak awal balapan," ungkap Pedrosa seperti dikutip Crash.

Pedrosa mengakui, musim ini berjalan layaknya roller coaster bagi dia dan timnya. Tampil kuat di satu seri, namun justru merosot tajm di beberapa seri berikutnya. Di Catalunya kali ini, dia dan timnya wajib mempertahankan juga meningkatkan performa bagus dari Assen.

"Kami tahu bahwa kami akan bekerja keras untuk mencari setting yang pas. Di sirkuit ini, selalu sulit untuk mendapatkan setting mesin yang bagus, mesin di Assen mungkin tidak tepat dipakai di sini. Tapi kami berharap mendapatkan kualifikasi yang bagus dan level maksimal saat balapan," tambah Pedrosa yang baru menang sekali, yaitu di MotoGP Italia.

Pedrosa sudah pernah menang tiga kali di Catalunya. Masing-masing sekali di kelas 125 cc, 250 cc dan MotoGP. Kemenangan di MotoGP diraih pada musim 2008.

Tahun lalu, balapan dimenangkan oleh Rossi, sementara Lorenzo di posisi kedua. "Lorenzo melakukan pekerjaan hebat musim ini. Dia konsisten, sejak latihan dan di tiap balapan. Kami harus fokus pada level kami, sebab kami sudah melalui tiga balapan yang bagus selain tiga balapan yang buruk," tutur Pedrosa.

Sementara Lorenzo juga tak mau momentum positif yang dimilikinya lenyap lagi. Dia ingin meraih kemenangan ketiga beruntun yang pertama dalam karirnya di MotoGP.

"Hal penting adalah kami bisa selalu berada di atas saat latihan dan balapan. Konsistensi menjadi kunci tahun ini. Saya harus tetap konsentrasi saat balapan, untuk menjadi juara bukan hal mudah," terang Lorenzo. (ady)

0 comments:

Post a Comment

My Blog List

 
Copyright © AGTIN TIRTA